Tuesday, February 27, 2007

MENJAJAL VISTA YANG ANTI-PEMBAJAKAN

Mau mencoba Vista sebelum mem­belinya? Sekarang Microsoft membuka layanan online untuk"test drive" sistem operasi barunya, Windows Vista. Layanan ini utamanya untuk menunjukkan betapa Vista sudah dilengkapi dengan peranti anti-bajak dan anti-pemalsu­an. Pengguna bisa mengakses preview Vista di situs test drive Windows. Menurut Cori Hartje, direktur pe­rusahaan Genuine Software Initiative (GSI), test drive ini dibuat untuk menunjukkan pada para pengguna bahwa Vista hanya bisa beroperasi jika pengguna memakai versi orisinal sistem operasi tersebut.

Meskipun saat menjajal Vista peng­guna tidak mengunduh Vista dari situs Microsoft, namun beberapa peranti akan diinstal secara lokal ke mesin komputer pengguna. Tujuannya supaya mesin terse-but bisa berkomunikasi dengan situs test drive. Sebagai informasi, saat melakukan test drive, situs akan memeriksa spesifikasi hardware pengguna dan akan mengevalu­asi upgrade apa yang kiranya diperlukan supaya Vista bisa berjalan pada mesin tersebut. Selain preview Vista, Microsoft juga menambahkan preview gratis untuk Office 2007 bagi penggunanya.

Saat ini, masalah pembajakan masih menjadi isu utama yang dihadapi oleh Microsoft. Microsoft sudah meluncurkan program Windows Genuine Advantage untuk mencegah masalah pembajakan. Program tersebut mengharuskan pengguna Vista untuk mengaktivasi produk mereka paling lambat 30 hari setelah mereka menginstal Vista pada mesin me­reka. Sebelum melakukan aktivasi nomor produk, pengguna hanya bisa mencicipi beberapa fungsi saja pada Vista. Apa yang dilakukan oleh Microsoft memang terkesan ekstrim. Tapi menurut Hartje, ada banyak orang yang mau bersusah payah untuk mencari versi Windows bajakan yang berkualitas bagus. Informasi lengkap mengenai layanan preview ini bisa diintip di http://www.microsoft.com/windows/products/win­dowsvista/preview.mspx.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home