Tuesday, February 27, 2007

STORM WORM MEREBAK VIA SPAM

Peranti jahat tersebut, dinamai Storm Worm, dikirim dalam rupa jutaan jenis spam e-mail di minggu terakhir penghujung bulan Januari. Menurut laporan perusahaan antivirus Symantec, Senin (22/01) lalu, Storm Worm sudah berhasil menginfeksi sekitar 300 ribu komputer.

Pertama kali muncul, worm tersebut ditemukan dalam sebuah pesan e-mail yang dilengkapi dengan lampiran semacam iklan berita. Subjeknya berupa potongan berita bernuansa politis yang memprovokasi. File yang dilampirkan dalam e-mail tersebut bertajuk “Full Story. Exe” atau “Full Video.exe” Jika file tersebut dijalankan, file tersebut akan menginstal peranti jahat yang nantinya akan bekerja sesuai perintah dari penciptanya setiap kali komputer terhubung dengan Internet.

Malware ini sebenarnya tidak bisa dikatakan sebagai worm. Pasalnya, komputer yang terinfeksi tidak bisa dengan segera menyebarkan peranti jahat ke komputer lain yang terhubung dengannya. Alih-alih langsung menyebarkan dirinya secara otomatis, Storm Worm mengandalkan penciptanya untuk mengirim peranti jahat berisi dirinya melalui pesan-pesan e-mail. Yang bekerja mendistribusikan file jahat adalah penciptanya sendiri, bukan programnya. Storm Worm diposisikan sejajar dengan Sober.O, worm populer yang menyebar pada bulan Mei 2005 melalui e-mail massal. E-mail berisi Storm Worm mudah dikenali dari subjek headline yang provokatif dan file jahat yang terlampir di dalamnya.Meski begitu,para pengguna komputer juga tetap harus waspada karena sekarang ada banyak spam e-mail berisi Storm Worm yang menampilkan informasi subjek dan isi dari e-mail yang mengandung Storm Worm bisa berupa informasi mengenai pasar bursa atau bahkan subjek bernada romantis.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home